Tempat wisata ramah anak di Bandung Raya (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Raya) populer karena keindahan alamnya. Udara dataran tinggi yang segar membuat para pengunjung betah berlama-lama di daerah ini untuk melepas penat.

Tempat wisata ramah anak mempunyai beberapa ciri-ciri, yaitu:

  • Tetap ada muatan edukasinya
  • Akses yang terjangkau oleh anak. Karena itu puncak gunung, tidak termasuk ‘ramah anak’ ya.

1 Saung Angklung Udjo

saung angklung udjo

Di Saung Angklung Udjo, si kecil bisa berkenalan dengan alat musik dari angklung, yang merupakan alat musik tradisional yang sangat mudah dimainkan oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Karena tinggal digoyangkan saja, bukan dipetik atau dipukul dengan ketukan tertentu.

Wisata anak di Bandung ini didirikan pada 1966 oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati. Tujuan pendirian Saung Angklung Udjo adalah untuk mengembangkan dan melestarikan budaya Indonesia, khususnya kesenian Sunda.

Dalam pertunjukan tersebut, wisatawan dapat menyaksikan demonstrasi wayang golek, upacara Helaran, seni tari tradisional, dan pertunjukan angklung.

Pementasan angklung yang digelar pun beragam. Mulai dari angklung pemula, angklung orkestra, masal, hingga arumba. Di akhir pertunjukkan, wisatawan juga akan diajak menari bersama anak-anak.

Harga tiket wisata anak di Bandung ini bervariasi berdasarkan usia dan kewarganegaraan, dengan tarif Rp 60.000 untuk dewasa WNI. Sedangkan pengunjung WNA tiket masuknya sebesar Rp 100.000.

Jam Buka: Senin – Minggu, 08.00 – 17.00 WIB

Alamat: Jl. Padasuka No118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

2 Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Sesuai judulnya, taman tematik ini menawarkan wisata outdoor yang edukatif bagi anak-anak, yaitu dengan tema peraturan lalu lintas. Wahana-wahana yang tersedia antara lain kereta api mini (berbayar), komedi putar (berbayar), kolam renang (berbayar), area bersepeda (berbayar).

Nama Ade Irma Suryani, salah satu korban G30 S PKI, atas pengajuan dari DPRDGR tahun 1966.

Alamat: Jl. Belitung No.1, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

3 Museum Geologi Bandung

fosil gajah purba mastodon di museum geologi bandung

Di sana Museum Geologi ayah-bunda dan Si Kecil bisa melihat berbagai macam peninggalan makhluk hidup masa lampau, serta berbagai ilmu alam maupun sumber daya yang ada di dunia.

Salah satu daya tarik utama di Museum Geologi adalah fosil dinosaurus besar yang terletak di pintu masuk museum. Replika fosil T-Rex ini memiliki tinggi sekitar 5 meter dan sering menjadi pusat perhatian pengunjung. Tingginya mencapai  5 meter dan replika fosil T-Rex ini lah yang paling banyak dilihat oleh pengunjung.

Jika tertarik berkunjung ke wisata anak di Bandung ini, ayah-bunda bisa langsung mengunjunginya dengan harga tiket yang terjangkau. Biaya tiket masuk adalah Rp3.000 untuk dewasa, Rp2.000 untuk mahasiswa dan anak-anak, serta Rp10.000 untuk turis internasional.

Jam Buka: Minggu, Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu antara pukul 10.00 sampai dengan 13.00 WIB.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122.

4 Observatorium Boscha

observatorium bosscha di lembang kabupaten bandung barat

Tempat observasi tata surya ini sempat muncul di film anak-anak legendaris: Petualangan Sherina di tahun 2000-an awal. Si kecil bisa melihat teropong raksasa yang digunakan untuk melihat dan memantau hilal awal bulan Ramadhan dan Syawal. Pada malam hari ada wisata khusus yang mengajak anak untuk melihat tata surya dengan lebih dekat menggunakan teleskop.

Alamat: Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

5 Science Center Soreang (SCS)

science centre soreang (scs) kabupaten bandung foto by Deden Nurdiana

Instagram SCS Kabupaten Bandung https://www.instagram.com/sciencecenter_kabbdg/

Gedungnya berdiri kokoh, luas dan memiliki 3 lantai. Ada banyak alat-alat yang dipajang mulai dari musik, science hingga ada 4D cinema. Di gedung ini terdapat ruangan Augmented Realty (AR).

Fasilitas lantai satu terdapat sejarah kabupaten bandung, berbagai pajangan foto bupati kabupaten Bandung dari masa ke masa, lengkap dengan biografi singkat. Ada juga potret terdapat rumah adat, pakaian adat. Juga ditampilkan budaya dari gamelan, senjata khas, bentuk rumah dan pakaian adat.

Sedangkan lantai dua berisi ilmu pengetahuan dan tokoh penemu dari indonesia, terdapat pula pajangan rak puseur elmu, sejarah singkat roda jaman batu, dan gelombang suara. Juga terdapat augment reality room yang menampilkan augment reality pengunjung dengan hewan laut dan kutub.

Lantai tiga berisi diorama luar angkasa. Juga terdapat bioskop 4D. Sekali tayang dua film sekaligus.

Silakan baca review mengenai Science Center Soreang di laman berikut “Berkunjung ke Science Center Soreang“.

Jl. Al-Fathu, Pamekaran, Kec. Soreang, Kabupaten Bandung

6 De Ranch

de ranch lembang kabupaten bandung barat

Di De Ranch, keinginan si kecil menjadi koboi ala Amerika utara bisa terwujud. Ayah-bunda sekeluarga juga bisa menghirup udara segar di lapangan luas sambil menaiki kuda-kuda mungil nan lucu.

Ada pula wahanan permainan lainnya seperti kolam pancing dan panahan. Dijamin petualangan si kecil akan semakin seru.

Alamat: Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

7 Bandung Zoological Garden

bandung zoological gardern atau kebun binatang (kota) bandung

Kebun binatang Bandung ini memiliki beragam koleksi satwa lebih dari 18 individu dari berbagai kelas, mulai dari mamalia, reptil, ikan, dan lainnya. Ayah-bunda dan si kecil juga bisa memberi makan satwa-satwa tertentu. Selain itu, anak-anak juga bisa menunggangi kuda, unta, dan gajah.

Alamat: Jl. Tamansari No.17, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung.

Demikian 7 rekomendasi tempat wisata ramah anak di bandung versi Awal Cemerlang. Apakah kamu ada rekomendasi tujuan wisata lain yang ramah anak? Silakan share di kolom komentar ya!

Referensi:

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

BACA JUGA  Mengungkap Pesona Wisata Ramah Anak di Semarang

1 COMMENT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.