Untuk membantu menjawab pertanyaan ini, terdapat bagan yang sudah dibuat ahli untuk membantu ayah-bunda melacak perkembangan anak. Beberapa aspek utama yang perlu diperhatikan mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak yaitu:

Tumbuh kembang anak yang ideal berbeda-beda sesuai dengan usianya. Berikut yang perlu diketahui mengenai tumbuh-kembang anak sesuai dengan usianya:

1. Bayi Baru Lahir

Selama dua bulan pertama kehidupan, bayi baru lahir bereaksi secara otomatis terhadap stimulasi eksternal. Bayi baru lahir dapat menggerakan kepala mereka dari sisi ke sisi, melihat objek dari dekat, menoleh ke arah suara, dan menangis untuk menunjukkan kebutuhan. Pada bulan ketiga kehidupannya, bayi baru lahir mulai bisa tersenyum pada orang lain.

2. Bayi

Banyak kemampuan baru berkembang dengan cepat pada saat seorang anak berusia 1 tahun:

  • Pada usia 3-6 bulan, bayi dapat mengenali wajah yang dikenalnya, mulai mengoceh, mengontrol gerakan kepala, dan menyatukan tangan.
  • Pada usia 6-8 bulan, bayi mulai duduk tanpa penyangga, merespon ketika dipanggil namanya, dan mulai berkomunikasi dengan gerakan tubuh.
  • Usia 9-12 bulan, bayi mulai dapat menunjuk sesuatu, mengambil benda, merangkak, dan bahkan berdiri dengan penyangga. Anak juga dapat meniru suara dan gerak tubuh.

3. Balita

Ketika anak berusia antara 1-3 tahun, mereka dapat berdiri sendiri, belajar berjalan tanpa bantuan, mulai berdiri dan menaiki tangga dengan langkah pendek. Anak dapat melambaikan tangan, memegang pensil atau krayon, menggambar lingkaran, belajar mengucapkan beberapa kata dan kalimat pendek, bahkan mengikuti instruksi sederhana.

4. Prasekolah

Antara usia 3-5 tahun, keterampilan motorik anak menjadi halus. Anak-anak dapat melempar dan menangkap bola, melompat, belajar berpakaian sendiri, dan menggambar struktur yang tepat seperti lingkaran atau bunga. Anak juga sudah dapat mengucapkan kalimat lengkap, panjang, dan bahkan 2 hingga 3 kalimat dalam satu rangkaian dengan mudah. Dengan toilet training, mereka pun mulai pergi ke toilet di kamar mandi dan menggunakan fasilitas itu sendiri pada usia 4 tahun.

BACA JUGA  Hobi untuk Ibu Rumah Tangga Supaya Tidak Stress!!

5. Usia Sekolah

Usia sekolah adalah usia antara 6 hingga 17 tahun. Selama usia ini, anak-anak belajar untuk menjadi mandiri dan membentuk pendapat mereka sendiri. Belajar, berbicara, dan menulis menjadi semakin piawai.

Anak-anak juga akan mengembangkan berbagai emosi seperti cemburu, cinta, dan banyak lagi, dan dapat mengekspresikannya melalui kata-kata dan gerak tubuh. Mereka sudah bisa bersahabat dan biasanya mulai punya teman baik pada tahap ini. Perkembangan seksual setelah pubertas nantinya juga akan membuat mereka mulai tertarik dengan remaja atau orang lain.

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.